Ikan Misterius Berbobot Ukuran Manusia Terdampar di Pantai!

  • Bagikan

[ad_1]

Opah

Opah |

Penampakan langka! ditemukan seekor ikan misterius yang belum jelas teridentifikasi spesiesnya di bagian pantai utara Oregon, Amerika Serikat.

Penampakan langka! ditemukan seekor ikan misterius yang belum jelas teridentifikasi spesiesnya di bagian pantai utara Oregon, Amerika Serikat. Ikan tersebut memiliki bentuk bulat, berwarna oranye, dan perak di bagian depannya, dihiasi bintik-bintik putih dengan berat 45 kilogram dan panjang 1 meter.

Matanya besar berwarna emas.Penemuan ini pertama kali dikonfirmasi oleh pihak Seaside Aquarium, Oregon yang kini menjadi tempat penangkaran ikan tersebut. Menurut asisten manajer Seaside Aquarium, Tiffany Boothe, setelah diidentifikasi, ternyata spesies ikan tersebut adalah jenis opah fish. Hal ini menjadi langka mengingat baru pertama kali spesies ikan opah terdampar di daratan.

“Tidak jelas bagaimana ikan ini mati, tapi kemungkinan ia mati saat berada di dekat pantai karena kondisinya masih bagus,” kata Boothe seperti yang dikutip dari Kumparan, Rabu (21/7).

Ikan opah itu telah diposting di akun Facebook Seaside Aquarium ketika pertama kali ditemukan dan membuat heboh netizen. Boothe bilang, pejabat di Aquarium Seaside langsung memanggil banyak orang untuk datang melihat ikan opah, dan mereka juga memperlihatkan penampakan hewan itu kepada para pengunjung pantai.

Baca Juga: Rekomendasi 20 Film Animasi Jepang Terbaik Sepanjang Masa, Ada yang Bikin Nangis!

Opah

Opah |

Heidi Dewar, ahli biologi di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Fisheries, mengatakan bahwa ikan opah umumnya jarang sekali terdampar, tapi ini lebih mengejutkan mengingat ukurannya yang sangat besar dan mereka biasanya berada di luar Oregon. Ia berpendapat, perubahan iklim mungkin menjadi penyebabnya. Jadi ini merupakan kasus yang langka sebenarnya.

“Kami melihat beberapa organisme laut bergerak ke utara saat suhu laut meningkat,” kata Dewar. “Tanpa data yang kuat, sulit untuk mengatakan apa yang menyebabkan opah terdampar.”

Kendati begitu, beberapa ikan opah memang tinggal di lepas pantai California. Jadi kata Dewar, tidak terlalu mengherankan apabila mereka bisa terdampar di Oregon. Adapun ikan opah yang terdampar di Oregon akan diawetkan sampai akhir tahun ini dan akan dibedah untuk dipelajari lebih lanjut. Menurut Dewar, banyak yang bisa dipelajari dari ikan opah. Isi perut opah, misalnya, dapat membantu menentukan apa yang ia makan. Sementara jaringannya dapat mengungkapkan di mana ikan itu hidup.

NOAA mengatakan, ikan opah banyak ditemukan di perairan tropis dan beriklim sedang, termasuk pulau-pulau Pasifik dan Pantai Barat dan Tenggara Amerika Serikat, New England, serta wilayah Atlantik Tengah. Ikan opah sendiri disebut juga sebagai moonfish. Mereka bisa tumbuh dengan panjang mencapai 1,8 meter dan berat 272 kilogram.

Baca Juga: 5 Karya Anak Bangsa yang Sempat Bikin Keder Orang Asing, Tapi Malah Dicuekin di Negeri Sendiri

Artikel Lainnya

NOAA juga menyebut, masih banyak yang belum diketahui tentang seluk beluk ikan opah, termasuk berapa lama masa hidup mereka. “Penelitian kecil tentang biologi dasar dan ekologi opah telah dilakukan. Namun para ahli biologi masih mengembangkan metode untuk menentukan berapa rentang hidup ikan tersebut,” kata Dewar.

Pada 2015, penelitian yang dilakukan oleh NOAA dan diterbitkan di jurnal Science menyebut bahwa opah adalah satu-satunya ikan berdarah panas yang baru diketahui. Ikan predator laut dalam punya pembuluh darah di insangnya yang memungkikan dia mengalirkan darah hangat ke seluruh tubuhnya.

“Tidak banyak yang diketahui tentang ikan cantik ini, jadi apapun yang kita pelajari akan bermanfaat,” kata Boothe.

Tags :


[ad_2]

sumber berita

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.