Manfaat Jus Pepaya yang Menyehatkan Tubuh

Ilustrasi Jus Pepaya

MEDIASOSIALITA.COM, Jakarta,- Salah satu manfaat jus pepaya yang paling terkenal adalah mencegah dan mengatasi sembelit. Manfaat tersebut berasal dari kandungan serat dan air dari buah pepaya. Tidak hanya itu saja, jus ini juga mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Manfaat jus pepaya diperoleh dari kandungan gizinya yang sangat banyak. Minuman yang dibuat dari buah ini mengandung karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, serta vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Selain bisa melepas dahaga, rutin minum jus pepaya juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

Berbagai Manfaat Jus Pepaya untuk Kesehatan

Buah pepaya digemari oleh banyak orang karena rasanya manis, mudah ditemukan, dan harganya murah. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalam buahnya pun luar biasa. Rutin mengonsumsi buah ini secara langsung atau mengolahnya menjadi jus bisa memberikan beragam manfaat kesehatan, seperti:

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat jus pepaya yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jus pepaya kaya akan serat dan air. Kedua kandungan tersebut mampu melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, buah pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Berdasarkan hasil penelitian, rutin mengonsumsi pepaya terbukti bisa meredakan perut kembung dan konstipasi.

2. Menjaga kesehatan mata

Buah pepaya merupakan salah satu sumber vitamin A. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsinya. Mencukupi asupan vitamin A harian bisa mencegah penyakit mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan zinc, protein, serta vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C di dalam jus pepaya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuhmu akan lebih sehat dan tidak mudah sakit.

4. Sebagai sumber energi

Buah pepaya termasuk dalam buah yang mengandung karbohidrat. Itu artinya, konsumsi buah ini bisa mengenyangkan perut dan membuat tubuh lebih berenergi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jus pepaya mengandung vitamin C, kalium, dan serat. Selain itu, sejumlah nutrisi yang ada di dalam jus pepaya juga berperan sebagai antioksidan.

Nah, berbagai nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan begitu, risiko terbentuknya plak yang bisa menyumbat pembuluh darah, termasuk jantung dan otak, bisa menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *