Wajah Mirip itu Berjodoh: Mitos atau Fakta?

  • Bagikan

[ad_1]

pasangan mirip

Apakah pasangan mirip akan selalu berjodoh? | beritagar.id

Wajah Mirip itu Jodoh: Mitos atau Fakta?

Pernah denger mitos kalau pasangan yang mukanya mirip itu katanya jodoh? Hal itu kadang dipercaya masyarakat sehingga waktu ngelihat pasangan yang mukanya mirip, mereka bakal langsung bilang, “Jodoh deh, kalian!

Mitos, atau fakta? Yuk kita cek penjelasannya berikut ini!

pasangan mirip

kelascinta.com

Sejumlah penelitian yang dilakuin sama ilmuwan dari berbagai belahan dunia menemukan fakta kalau sebenarnya manusia tertarik pada pasangan yang merupakan cerminan dari dirinya sendiri.

Robert Zajonc, psikolog asal University of Michigan tertarik buat melakukan penelitian terhadap fenomena ini. Ia meneliti foto-foto pasangan yang udah berhubungan selama 25 tahun.

Hasilnya, semua pasangan dalam foto itu punya kemiripan wajah, dan hal tersebut semakin terasa dari tahun ke tahun.

pasangan mirip

www.genmuda.com

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan fakta kalau pasangan yang berbahagia berpotensi besar punya wajah yang mirip. Dari foto-foto pasangan tersebut terungkap kalau mimik wajah serta ekspresi mereka makin mirip.

Hal ini dikarenakan komunikasi dan interaksi mereka yang membentuk garis dan sisi di wajah. Contohnya waktu pasangan itu lagi ketawa, bakal terbentuk guratan yang sama di wajah mereka.

Baca Juga: Lama Pacaran, 6 Pasangan Selebriti yang Akhirnya Menikah

pasangan mirip

cdn.idntimes.com

University of Liverpool juga meneliti hal ini. Dari hasil studi mereka di tahun 2006, ditemukan fakta bahwa kemiripan DNA membuat pasangan menemukan jodohnya. Secara fisik mungkin nggak mirip, tapi antara pria dan wanita tersebut ada banyak kesamaan hal biasa dilakukan, seperti anak kembar.

Karena itulah mereka merasa cocok dan senang melakukan hal-hal yang sama. Wajar kalau seseorang bisa jatuh cinta sama orang lain karena merasa mirip sama doi.

Berdasar studi para peneliti di Wellesley College di Massachusetts dan University of Kansas, ketika sedang menjalin hubungan asmara, seseorang bakal lebih tertarik dengan orang yang punya kepribadian yang sama dengannya.

Baca Juga: Dampak Negatif Terlalu Mencintai Pacar

Survei yang dilakuin terhadap 1.523 pasangan mengungkap fakta kalau pasangan ini punya rasio kesamaan hingga sebanyak 86 persen.

pasangan mirip

Gritthe Agatha dan Arif Hidayat | www.popbela.com

Ada juga penelitian yang dilakukan Personality and Social Psychology Bulletin di tahun 2010, mengatkan kalau seseorang lebih tertarik ke orang yang wajahnya mirip dengan anggota keluarga dan wajahnya sendiri.

Lewat penelitian-penelitian ini, bisa nggak kita beneran percaya kalau pasangan yang mirip sama kita adalah jodoh? Mungkin aja, tapi banyak juga pasangan yang berjodoh tapi nggak ada kemiripan di antara mereka.

Baca Juga: Tips Traveling Murah Bersama Pasangan

Artikel Lainnya

Karena itu, jangan terlalu menjadikan kemiripan wajah sebagai standar dalam mencari pasangan, ya. Seperti yang udah disebutkan dalam penelitian pertama, kesamaan wajah terjadi waktu sepasang kekasih hidup berdampingan dalam waktu lama dan intens dalam berkomunikasi.

Maka, mungkin aja kamu dan pasangan bakalan jadi mirip kalau sering berinteraksi dan berhubungan dalam waktu yang lama.

Tags :


[ad_2]

sumber berita

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.