Tips Cegah Dehidrasi Saat Puasa, Minumlah Ini!

  • Bagikan
Ilustrasi Minum
Ilustrasi Minum

MEDIASOSIALITA.COM, Jakarta,- Disaat kita menjalankan ibadah puasa seringkali kita mengalami dehidrasi. Karena tubuh kita kekurangan cairan selama 14 jam kita nggak minum. Nah, agar terhindar dari risiko ini, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi minuman sehat pencegah dehidrasi saat berbuka dan di waktu sahur.

Dehidrasi dapat dikenali dari munculnya gejala berupa rasa haus yang hebat, kelelahan, mulut kering, hingga sakit kepala. Jika dibiarkan, dehidrasi tidak hanya dapat mengganggu kelancaran puasa, tapi juga bisa menimbulkan gejala yang lebih serius, seperti pingsan bahkan kejang.

Minuman untuk Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Mengonsumsi minuman sehat akan membuat tubuh tetap terhidrasi meski sedang berpuasa. Dengan begitu, kamu akan lebih berenergi dan bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Berikut ini adalah berbagai pilihan minuman untuk mencegah dehidrasi saat puasa sebagaimana dilansir dari Alodokter.com:

1. Air mineral

Sudah bukan rahasia lagi jika mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup adalah kunci utama untuk mencegah dehidrasi. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air mineral juga baik bagi kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah sembelit saat puasa.

Orang dewasa disarankan minum air sebanyak 2–3 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Untuk memudahkanmu mencukupi kebutuhan cairan saat puasa, kamu bisa gunakan rumus 2–4–2, yaitu 2 gelas air saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur.

2. Infused water

Infused water terbuat dari air yang dicampur dengan potongan buah-buahan segar dan rempah-rempah yang dapat membantu mencegah dehidrasi saat puasa. Minuman ini juga dapat meningkatkan energi, mendukung penurunan berat badan, membantu pembuangan racun atau detoks, hingga memperbaiki suasana hati.

Pilihan buah dan rempah yang bisa digunakan untuk membuat infused water antara lain lemon, semangka, jeruk, stroberi, apel, jeruk nipis, daun mint, daun basil, dan kayu manis.

3. Jus buah

Jus buah bisa menjadi pilihan minuman sehat untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Kamu bisa kok membuat jus dari buah apa pun yang kamu suka atau buah yang tinggi air, seperti semangka, stroberi, blewah, atau timun.

Jus buah sebaiknya tak perlu diberi tambahan gula, sebab buah sudah memiliki pemanis alami. Selain itu, hindari mengonsumsi jus buah lebih dari 150 ml per hari. Pasalnya, saat dijus, gula alami pada buah berubah bentuk menjadi free sugar (gula bebas) dan berisiko menyebabkan kerusakan gigi jika diminum berlebihan.

4. Susu tanpa gula tambahan

Susu adalah sumber kalsium, natrium, dan kalium yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Susu juga mengandung karbohidrat yang diketahui mampu membuat tubuh tetap berenergi.

Meski begitu, sebelum dikonsumsi secara teratur untuk mencegah dehidrasi, perhatikan jumlah susu yang diminum. Secangkir susu umumnya mengandung sekitar 150 kalori. Jadi, sesuaikanlah jumlah susu yang diminum dengan kebutuhan kalori harianmu.

5. Air kelapa

Kalium, natrium, dan magnesium adalah jenis elektrolit yang terkandung di dalam air kelapa. Berkat nutrisinya ini, air kelapa cocok dijadikan minuman untuk mencegah dehidrasi saat puasa.

Air kelapa juga rendah kalori, sehingga dapat membantu melancarkan program diet saat puasa yang mungkin sedang kamu jalani.

Itulah pilihan minuman yang bisa mencegah dehidrasi saat puasa. Selain mengonsumsi minuman di atas, pastikan kamu juga mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang lainnya, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga supaya kamu tetap berenergi dan bugar saat puasa.

Sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda serta minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman berenergi, di waktu sahur. Pasalnya, minuman jenis ini dapat membuatmu lebih sering buang air kecil dan justru meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

Jika kamu ragu untuk mengonsumsi minuman-minuman di atas atau punya kondisi medis tertentu, diskusikan dengan dokter tentang pilihan makanan dan minuman yang sebaiknya kamu konsumsi selama berpuasa. (tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.