Tips Buat Ibu Menurunkan Demam dengan Cepat

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

MEDIASOSIALITA.COM, Jakarta,- Bagi kaum ibu-ibu sering menghadapi masalah sakit deman yang diderita buah hati. Atau mungkin suami atau anda sendiri. Ada banyak tips untuk menurunkan demam dengan cepat yang bisa Anda lakukan di rumah.

Namun, sebelum menerapkan cara-cara tersebut,Anda perlu mengetahui penyebab munculnya demam terlebih dulu.

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas suhu normal. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya, selama suhu tubuh tidak mencapai 40°C atau lebih. Meski demikian, demam tentunya bisa menghambat berbagai aktivitas Anda.

Umumnya demam bisa disebabkan oleh infeksi, baik bakteri atau virus, maupun karena kondisi medis lain. Namun, jangan khawatir sebab ada cara menurunkan demam dengan cepat yang bisa Anda lakukan.

Bagaimana Cara Menurunkan Demam dengan Cepat?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam dengan cepat sebagaimana dilansir dari Alodokter.com :

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Selama demam, Anda disarankan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Sebab, selama demam mungkin Anda akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Anda bisa  mengonsumsi air putih, jus buah, atau produk cairan elektrolit untuk memastikan cairan tubuh tetap terpenuhi.

Selain menurunkan demam dengan cepat, mencukupi asupan cairan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, khususnya di saluran cerna. Dengan demikian, tubuh akan cepat pulih dari kondisi yang menyebabkan terjadinya demam.

2. Konsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga sangat disarankan selama Anda demam. Sebisa mungkin konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk mendukung sistem imun tubuh melawan sumber penyakit.

Semakin baik sistem imun tubuh, maka semakin cepat Anda akan pulih dari demam. Namun, hindari mengonsumsi makanan yang sekiranya sulit dicerna karena selama demam, biasanya sistem pencernaan akan sedikit melemah.

3. Kompres air hangat

Anda juga bisa menggunakan kompres air hangat untuk membantu menurunkan demam dengan cepat. Rendam kain bersih yang lembut menggunakan air hangat pada suhu 29–30⁰C. Setelah itu, peras dan letakkan di dahi Anda.

Anda juga disarankan untuk menggunakan pakaian tipis dan nyaman, selain itu sebisa mungkin atur suhu ruangan bersuhu sedang.

4. Konsumsi obat

Bila beberapa cara sebelumnya tidak memberikan perubahan, Anda bisa mengonsumsi obat untuk menurunkan demam. Jika dibandingkan dengan tiga cara sebelumnya, obat umumnya bisa menurunkan demam dengan lebih cepat.

Beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan demam dengan cepat antara lain asetaminopen (paracetamol) atau ibuprofen. Namun, pastikan Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut sesuai dengan dosis yang disarankan.

Oleh karena itu, konsultasikan kondisi Anda dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran dosis yang sesuai.

Demam biasanya bukanlah kondisi yang berbahaya dan akan reda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, Anda perlu waspada jika ada beberapa gejala lainnya yang mengikuti demam tersebut, seperti:

Demam tinggi hingga 40°C dan tidak turun selama dua hari

1. Leher terasa kaku
2. Sulit bernapas
3. Nyeri hebat pada beberapa bagian tubuh
4. Sakit kepala hebat
5. Sensitif terhadap cahaya
6. Muntah terus-menerus
7. Sakit perut
8. Nyeri saat buang air kecil
9. Kejang

Bagaimana Cara Mencegah Demam?

Mengingat demam sering kali terjadi karena infeksi, maka cara terbaik untuk mencegah demam adalah dengan menghindari risiko penularan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Rutin mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer saat tidak tersedia akses air dan sabun
2. Hindari menyentuh area hidung, mulut, dan mata
3. Tutup mulut dan hidung ketika Anda bersin atau batuk
4. Sebisa mungkin hindari berbagi pakai peralatan pribadi, seperti gelas, alat makan, atau perlengkapan mandi

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter saat Anda demam jika cara menurunkan demam dengan cepat di atas tidak berhasil, atau jika demam Anda diikuti dengan berbagai gejala yang telah disebutkan di atas. Dokter akan memeriksa dan memberikan pengobatan sesuai dengan keadaan Anda. (*tim)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.