Terungkap 7 Proyek Rahasia CIA yang Bocor ke Publik

  • Bagikan

[ad_1]

Amerika Serikat (AS) dikenal sejak lama dengan berbagai proyek rahasianya. Saking rahasianya, penduduknya pun tidak tahun dan menjadi subjek beragam teori konspirasi.

Demi mengungkap rahasia tersebut, terdapat berbagai dokumen yang diketahui publik. Ragam reaksi pun muncul, mulai dari lucu hingga yang mengerikan. Berikut adalah proyek rahasia AS yang saat ini sudah jadi rahasia umum.

1.

Proyek Manhattan

7 Proyek Rahasia CIA Bocor Ke Publik

Sejumlah ilmuwan dalam rites Manhattan melihat hasil uji coba bom nuklir. | nonprofitquarterly.org

Proyek Manhattan dari AS adalah proyek yang menyebabkan kematian banyak orang. Proyek satu ini diketahui membuahkan hasil berupa bom atom pertama di Bumi.

Baca Juga: Mahasiswa Ilmu Syariah UIN Terobsesi Bikin Video Porno, Nekat Pasang GoPro di Toilet Cewek!

Proyek Manhattann ini sebagian besar dilaksanakan di tiga tempat yang tak dikenali, seperti Hanford, Los Alamos dan Oak Ridge. Lokasi tiga tempat ini baru diketahui setelah Perang Dunia II berakhir.

Dalam sejarah, Amerika Serikat pernah menjatuhkan bom atom Little Boy di Hiroshima dan Nagasaki untuk mengakhiri Perang Dunia II. Beberapa tahun setelahnya, bom tersebut ternyata merupakan salah satu hasilnya dan Jepang dijadikan tempat uji coba yang malah memakan korban sangat banyak walaupun terbukti efektif untuk mengakhiri perang.

Baca Juga: Larang Pejabat Muslim Ucap Salam dan Doa Agama Lain, MUI: Allah Akan Murka!

2.

Operasi Paperclip

7 Proyek Rahasia CIA Bocor Ke Publik

Operasi Paperclip memanfaatkan sejumlah ilmuwan Nazi Jerman untuk membangun AS. | www.thinkaboutit-ufos.com

Operasi Paperclip juga merupakan satu dari sekian banyak proyek rahasia AS. Operasi ini diberi izin langsung oleh presiden Harry Truman untuk membawa ilmuwan Nazi ke AS.

Untuk melancarkan operasi ini para pejabat badan intelijen negara merekrut para ilmuwan Nazi untuk membangun kembali AS. Operasi ini juga dilaksanakan untuk memastikan pengetahuan mereka tidak jatuh ke Uni Soviet maupun Jerman.

3.

Proyek Grudge

7 Proyek Rahasia CIA Bocor Ke Publik

Isu alien, UFO, dan benda ekstraterestrial menjadi salah satu yang merebak dalam operasi proyek Grudge di Nevada. | www.history.com

Banyak sekali konspirasi mengenai Area 51 yang beredar sampai saat ini, terutama tentang penyelidikan UFO yang mereka lakukan. Akan tetapi, nyatanya Angkatan Udara AS juga secara diam-diam melakukan penyelidikan terhadap keberadaan UFO.

Salah satunya dilakukan pada Proyek Grudge yang diluncurkan pada 1949 lalu. Proyek satu ini merupakan wadah untuk menyelidiki benda aneh di luar angkasa seperti piring terbang.

4.

Situs Area 51

7 Proyek Rahasia CIA Bocor Ke Publik

Salah satu bungker Area 51 yang diduga jadi lokasi pengembangan pesawat UFO. | www.keiththomsonbooks.com

Area 51 masih jadi salah satu tempat paling misterius di dunia. Banyak sekali teori gila mengenai tempat yang merupakan lokasi pangkalan militer rahasia AS satu ini.

Area 51 pernah sesekali disebut sebagai lokasi penciptaan UFO dan penangkapan alien. Yang lebih gila lagi, Area 51 juga diduga sebagai markas utama Majestic 12 yang memiliki cita-cita mendirikan pemerintahan tunggal di dunia.

Baca Juga: 3 Menteri Jokowi Ini Punya Prestasi Internasional

5.

Proyek MK-Ultra

7 Proyek Rahasia CIA Bocor Ke Publik

Seorang anak yang diduga menjadi kelinci percobaan dalam pengembangan proyek Grudge milik CIA. | neonnettle.com

Mungkin MK-Ultra dikenal sebagai salah satu lagu terpopuler dari band MUSE. Ternyata lagu tersebut terinspirasi dari satu proyek rahasia AS.

MK-Ultra sendiri merupakan top secret project dari CIA di tahun 1950-an. Proyek ini bertujuan untuk mencari obat atau cara untuk mengendalikan pikiran manusia.

Karena satu dan lain hal, Richard Helms yang dulu menjabat sebagai direktur CIA kemudian memerintahkan dokumen terkait proyek ini untuk dimusnahkan. Akan tetapi, sejumlah dokumen berhasil lolos dan tersebar pada publik.

6.

Proyek Iceworm

7 Proyek Rahasia CIA Bocor Ke Publik

CIA membangun sebuah pangkalan militer senjata nuklir di Greenland yang dikenal sebagai projek Iceworm. | www.pri.org

Banyak sekali tempat tersembunyi di dunia ini yang kerap digunakan sebagai situs untuk keperluan perang. Salah satunya digunakan pada Project Iceworm.

Project Iceworm sendiri adalah serangkaian misi rahasia untuk membangun situs peluncuran rudal nuklir jarak jauh yang terletak di bawah lapisan es Greenland. Rudal ini dijadikan landasan untuk menyerang sasaran di Uni Soviet.

Pemerintah Denmark berusaha keras merahasiakan proyek ini dari perhatian publik. Pada 1966, program ini akhirnya dibatalkan dan sisa-sisanya sudah tenggelam di bawah lapisan es Kutub Utara.

7.

Proyek 1974

7 Proyek Rahasia CIA Bocor Ke Publik

Salah satu prototipe pesawat hasil pengembangan project 1974 milik CIA. | www.popularmechanics.com

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, Angkatan Udara AS mengungkap beberapa dokumen rahasia. Di antaraya adalah catatan rahasia mengenai pembuatan pesawat yang menyerupai piring terbang.

Program ini diberi nama Proyek 1794. Proyek tersebut bertujuan untuk membangun piring terbang super yang dapat berfungsi untuk patroli udara sekaligus menembak pesawat musuh.

Bila dilihat dari beberapa proyek sebelumnya, mungkin inilah cikal bakal dari UFO yang sering dibahas dari beragam teori konspirasi.

Artikel Lainnya

[ad_2]

sumber berita

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.