Ga Ada Elkan Baggot Ga Seru!

  • Bagikan

MEDIASOSIALITA.COM, Jakarta,- Meski menang besar atas Myanmar dalam laga uji coba dengan skor 4-1, aura penampilan Timnas Indonesia kurang seru. Pasalnya, kali ini bintang Timnas Elkan Baggott ga dateng. Jadinya permainan Timnas hambar.

Elkan Baggott usai bertanding laga uji coba melawan Afghanistan pulang kembali ke Inggris untuk kembali bermain bersama klubnya Ipswich Town. Dia tidak bisa bermain saat Evan Dimas dkk menghadapi uji laga melawan Myanmar.

Baggott baru bisa bergabung kembali ke Timnas saat turnamen Piala AFF 2021 di Singapura.

Performa Timnas Indonesia masih belum menjanjikan sebagai tim yang bisa disegani di Piala AFF 2021.

Tanpa diperkuat Elkan Baggott, penampilan Evan Dimas dkk masih jauh dari harapan. Di akhir babak kedua Timnas sempat dikurung serangan dari Myanmar. Sementara empat gol yang membuat Timnas menang telak tercipta bukan melalui serangan yang terskema. Passing antar pemain masih buruk. Belum terlihat mengalir.

Pemain masih sering melakukan kesalahan ketika mengumpan ke temannya. Bola bukan dialirkan ke teman yang berposisi kosong namun diberikan pemain lain yang dikawal ketat lawan. Pergerakan tanpa bola pemain juga terlihat tidak efektif untuk membuka ruang kosong.

Pemain sering justru memberikan umpan kepada teman yang sedang dijaga ketat lawan. Akibatnya, bola sering liar dan umpan yang dialirkan selalu bisa direbut lawan.

Pemain Timnas juga sering kehilangan bola saat akan membangun serangan. Beda dengan Pemain Myanmar yang meski kalah namun aliran bola dan passing mereka sudah nyaris sempurna. Bola yang dikuasai pemain Myanmar sering sulit direbut anak-anak Garuda.

Serangan yang dibangun tidak terpola. Lebih banyak umpan jarak jauh. Sehingga aliran bola belum terlihat terpola dari sebuah skema permainan yang berawal dari sentuhan satu dua pemain secara apik.

Sehingga kemenangan dalam laga uji coba ini tak membuat pelatih Shin Tae Yong berpuas diri. Bahkan pelatih yang pernah menangani Timnas Korsel itu tidak memberi keleluasaan pada anak asuhnya usai laga.

Pelatih asal Korea Selatan itu senang dengan hasil akhir, akan tetapi tetap mewanti-wanti Evan Dimas dan kawan-kawan mengenai perbaikan performa.

“Terima kasih kepada pemain atas kemenangan ini, namun tetap ada evaluasi,” kata Shin.

Dikutip dari situs resmi PSSI, Shin menyatakan masih menemukan kesalahan-kesalahan dari para pemain Timnas Indonesia. Terutama jelang pertandingan berakhir.

“Pemain akan terus saya ingatkan untuk tidak boleh membuat kesalahan-kesalahan elementer,” terang pelatih yang sukses mengantar Timnas Korsel menembus Piala Dunia.

Namun kemenangan atas Myanmar ini menjadikan sudut pandang optimistis disuarakan oleh Shin menjelang Piala AFF 2021 digelar.

Menurutnya kemenangan atas Myanmar bisa meningkatkan kepercayaan diri pemain sebelum berlaga dalam ajang sepak bola antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Timnas Indonesia dalam laga yang berlangsung di Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki Kamis (25/11/2021) mampu menghajar Myanmar 4-1.

Ricky Kambuaya mencetak gol pembuka melalui sundulan pada menit kelima. Irfan Jaya mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-12.

Gol Witan Sulaeman pada menit ke-33 memastikan skuad Garuda unggul 3-0 pada babak pertama.

Penalti Ezra Walian pada menit ke-55 membuat skor menjadi 4-0. Sementara sundulan Hlaing Bo Bo pada menit ke-73 merupakan satu-satunya gol Myanmar yang bersarang di gawang M Riyandi.

Timnas Indonesia masih akan menjalani satu laga uji tanding lagi, yakni menghadapi klub Antalyaspor pada 28 November, sebelum berangkat ke Singapura pada 1 Desember guna tampil di Piala AFF 2021. (tim)

 

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.