Enam Tips Atasi Sesak Napas Akibat Asam Lambung di Rumah

Ilustrasi
Ilustrasi

MEDIASOSIALITA.COM, Jakarta,- Salah satu gejala orang terkena penyakit asam lambung biasanya diawali esak napas. Oleh sebab itu anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi sesak napas karena asam lambung sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama sebelum menemui dokter.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan pencernaan, di mana asam di lambung terus-menerus naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai gejala, mulai dari heartburn, sesak napas, nyeri dada, kesulitan menelan, hingga mulut terasa asam.

Sesak napas atau dyspnea akibat asam lambung terasa menakutkan karena dapat menyebabkan komplikasi pernapasan yang mengancam jiwa. Sesak napas terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat masuk ke paru-paru, dan menyebabkan jalan napas membengkak. Hal ini biasanya terjadi saat tidur.

Cara Mengatasi Sesak Napas karena Asam Lambung

Untuk meringankan gejalanya, ada beberapa cara mengatasi sesak napas karena asam lambung yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda dapat merasa tenang sejenak sebelum menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut ini adalah beberapa caranya sebagaimana dilansir dari situs Alodoktercom :

1. Duduk dengan dada condong ke depan

Duduk dengan sedikit mencondongkan dada ke depan dapat menjadi salah satu cara mengatasi sesak napas karena asam lambung. Anda dapat duduk di kursi, lalu posisikan kaki rata ke lantai. Condongkan dada ke depan, dan istirahatkan siku di lutut atau pegang dagu dengan tangan. Pastikan otot leher dan bahu tetap rileks.

Posisi ini bertujuan untuk menciptakan lebih banyak ruang di rongga dada agar Anda bisa kembali bernapas dengan nyaman.

2. Bernapas dengan bibir

Teknik ini dilakukan dengan menarik napas melalui hidung selama 2 hitungan, dan biarkan mulut tetap tertutup. Kemudian, kerucutkan bibir Anda seperti sedang bersiul, dan embuskan melalui mulut selama 4 hitungan.

Cara mengatasi sesak napas karena asam lambung yang satu ini bertujuan untuk memperlambat pernapasan agar tidak bekerja terlalu keras setiap kali menarik dan mengembuskan napas. Selain itu, bernapas dengan bibir ini juga dapat membantu melepaskan udara di paru-paru, sehingga udara segar bisa masuk.

3. Lakukan pernapasan diafragma

Latihan pernapasan seperti pernapasan diafragma bisa menjadi salah satu cara mengatasi sesak napas karena asam lambung. Untuk melakukannya, Anda bisa duduk di kursi dengan lutut ditekuk. Pastikan bahu, kepala, dan leher tetap rileks.

Letakkan tangan di perut, lalu tarik napas perlahan melalui hidung dan rasakan perut Anda bergerak di bawah tangan. Kemudian, embuskan napas melalui mulut dengan bibir mengerucut. Saat mengembuskan napas, kencangkan otot dan rasakan perut Anda masuk ke dalam.

Ulangi cara ini sekitar 5 menit hingga Anda dapat bernapas dengan lebih mudah.

4. Berdirilah dengan menopang punggung

Teknik ini dapat membuat jalur napas menjadi rileks dan meredakan sesak napas karena asam lambung. Caranya adalah dengan berdiri di dekat dinding dan sandarkan pinggul di dinding. Posisikan kaki selebar bahu, lalu letakkan tangan di paha. Setelah itu, condongkan tubuh ke depan dan ayunkan lengan di depan Anda.

5. Tidur dalam posisi santai

Ada dua posisi tidur yang bisa Anda coba sebagai cara mengatasi sesak napas karena asam lambung.

Pertama, cobalah berbaring miring lalu letakkan bantal di antara kepala dan kaki. Jaga agar posisi punggung tetap lurus. Kedua, Anda dapat berbaring telentang, lalu letakkan bantal di bawah kepala dan di bawah lutut.

Kedua posisi ini akan membuat tubuh dan jalan napas terasa rileks, sehingga Anda lebih mudah untuk bernapas.

6. Arahkan kipas angin ke wajah

Mengarahkan kipas angin ke wajah diketahui dapat meringankan gejala sesak napas karena asam lambung yang Anda alami. Nyalakan kipas angin ke arah wajah Anda hingga napas yang sebelumnya sesak menjadi lega. Kipas angin akan meniupkan udara sejuk yang membantu Anda mengatur napas.

Cara Mencegah Sesak Napas karena Asam Lambung

Mencegah sesak napas karena asam lambung tentunya berhubungan dengan upaya pencegahan penyakit asam lambung atau GERD. Untuk mencegah munculnya penyakit ini, Anda harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Berikut ini adalah beberapa perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan:

1. Jaga berat badan agar selalu sehat dan ideal
2. Ubah pola makan menjadi lebih sehat dengan makan dalam porsi kecil tetapi sering, dan hindari konsumsi camilan sebelum tidur
3. Hindari makanan dan minuman pantangan asam lambung
4. Hentikan kebiasaan merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol
5. Hindari paparan polutan dan alergen
6. Cukupi waktu tidur setiap harinya
7. Tinggikan posisi kepala sekitar 10–20 cm saat tidur untuk mencegah makanan kembali ke kerongkongan
8. Jika beberapa cara mengatasi sesak napas karena asam lambung tidak mampu meredakan gejala yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk
mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Anda perlu segera ke dokter jika sesak napas disertai dengan dada terasa sesak atau berat, serta sakit pada lengan, punggung, leher, dan rahang.

Dokter mungkin akan merekomendasikan obat-obatan tertentu, seperti antasida dan penghambat reseptor H2, atau dalam kasus yang jarang terjadi mungkin akan menyarankan pembedahan. (*tim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *