CANTIK  

Cara Memanjangkan Bulu Mata yang Bikin Kamu Makin Cantik

[ad_1]

Jika membicarakan soal kecantikan, sepertinya memang nggak ada habisnya. Para wanita berlomba-lomba untuk mempercantik tubuh dan wajah untuk memuaskan hati mereka. Banyak cara yang dilakukan. Mulai dari perawatan teratur hingga suntik di sana sini.

Salah satu bagian yang sering diperhatikan adalah bagian mata, mulai dari alis, lipatan mata hingga bulu mata. Saat ini, eyelash extension menjadi pilihan utama kebanyakan orang untuk memanjangkan bulu mata. Padahal, hal ini kadang membuat mata asli kita semakin rontok.

Berikut Cara Melebatkan Bulu Mata dengan Lebih Cepat Secara Alami

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menumbuhkan bulu mata tanpa harus menggunakan eyelash extension atau bulu mata palsu. Penasaran apa itu? Simak di bawah ini ya!

1.

Petroleum jelly

Ilustrasi bulu mata lebat

Petroleum Jelly | id.pinterest.com

Cara memanjangkan bulu mata yang pertama adalah dengan memanfaatkan petroleum jelly. Produk ini memang sudah terkenal untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti melembabkan wajah hingga menghapus make up yang susah dibersihkan.

Namun ternyata, petroleum jelly juga memiliki fungsi sebagai cara penumbuh bulu mata. Cara memanjangkan bulu mata dapat dilakukan dengan mengoleskan pada bulu mata sebelum tidur dan baru dibersihkan pada keesokan harinya. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

2.

Minyak Kemiri

Ilustrasi bulu mata lebat

Minyak kemiri | id.pinterest.com

Cara memanjangkan bulu mata lainnya juga bisa dengan memanfaatkan minyak kemiri. Kandungan kalsium, protein, fosfor, dan berbagai vitamin di dalamnya dapat membuat bulu mata menjadi lebih lebat dan panjang secara alami. 

Selain itu minyak kemiri juga bisa membuat warnanya lebih hitam. Caranya cukup mengoles minyak kemiri tersebut setiap malam pada bulu mata kamu. Diamkan selama semalam penuh dan bilas keesokan harinya. Kamu akan melihat perbedaannya dengan segera.

Baca Juga: 11 Cara Membuat Bibir Merah Alami Ala Gadis Korea

3.

Minyak zaitun

Ilustrasi bulu mata lebat

Minyak zaitun | id.pinterest.com

Minyak zaitun memang terkenal di dunia kecantikan. Selain bermanfaat untuk kulit wajah dan tubuh, minyak ini juga bisa untuk memanjangkan bulu mata. Kamu bisa mengoleskannya langsung atau dicampur dengan air perasan lemon terlebih dahulu.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Cukup oleskan minyak zaitun sebelum tidur di bulu mata secara merata, lalu pada pagi hari dibersihkan dengan air bersih atau sekalian saat cuci muka. Jika kamu nggak memiliki alergi, kamu bisa mengaplikasikannya setiap hari untuk hasil yang maksimal.

4.

Gel lidah buaya

Ilustrasi bulu mata lebat

Gel lidah buaya | id.pinterest.com

Hampir sama dengan minyak zaitun, gel lidah buaya juga memiliki pamor tinggi di dunia kecantikan. Gel lidah buaya kabarnya juga bisa membuat bulu mata lebih panjang alami. Kamu bisa menggunakan gel murni buatanmu sendiri atau menggunakan produk yang sudah dijual di toko-toko.

Oleskan secara merata pada bulu mata dan bersihkan setelah 8 jam. Gunakan secara teratur sebagai cara melebatkan bulu mata. Selain itu, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya ini untuk menumbuhkan rambut.

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Para Wanita yang Ingin Tampil Cantik 

5.

Kelapa muda

Ilustrasi bulu mata lebat

Kelapa muda | id.pinterest.com

Kelapa muda memang terkenal dengan beragam manfaatnya untuk tubuh manusia. Kandungan yang ada di dalamnya dapat menetralisir racun sehingga kelapa muda sering menjadi salah satu alternatif pertolongan pertama.

Namun tahukah kamu bahwa kelapa muda juga memiliki manfaat untuk penumbuh bulu mata? Cara melebatkan bulu mata dengan kelapa muda cukup praktis. Tinggal basuh air kelapa ke wajah dan pastikan bulu mata ikut terbasahi. Pastikan air kelapanya murni tanpa campuran gula atau pemanis lainnya.

Baca Juga: 5 Trik Makeup Mata Natural, Agar Tampilan Lebih Fresh di Hari Raya!

6.

Teh Hijau

Ilustrasi bulu mata lebat

Teh hijau | id.pinterest.com

Cara menebalkan bulu mata berikutnya masih berhubungan dengan minuman. Selain kelapa muda, kamu juga bisa menggunakan teh hijau sebagai penumbuh bulu mata. Teh hijau bisa melentikkan bulu mata kamu dengan sempprna.

Caranya cukup dengan mengoleskannya setiap hari pada bulu mata kamu. Kamu tinggal menyeduh teh hijau seperti biasa, lalu biarkan hingga dingin. Setelah itu masukkan kapas bersih ke dalamnya dan oleskan ke bulu mata. Melakukannya dengan rutin bisa membuat bulu mata lebih indah dalam waktu singkat.

Kandungan dalam minyak jarak juga dapat membuat bulu mata lebih tebal alami. Caranya dengan mengolesnya tiap malam sebelum tidur secara merata. 

7.

Minyak jarak

Ilustrasi bulu mata lebat

Minyak jarak | id.pinterest.com

Kandungan dalam minyak jarak juga dapat membuat bulu mata lebih tebal alami. Caranya dengan mengolesnya tiap malam sebelum tidur secara merata. 

Tapi ada hal yang perlu diingat sebelum menggunakan minyak jarak sebagai penumbuh bulu mata. Pastikan kamu sudah melakukan uji coba terlebih dahulu di bagian tubuh lainnya, karena dalam minyak jarak terdapat kandungan ricinoleic acid yang bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang.

Baca juga: 10 Langkah Menghilangkan Bulu Ketiak

8.

Minyak kelapa

Ilustrasi bulu mata lebat

Minyak kelapa | id.pinterest.com

Jika tadi kita sudah membahas manfaat air kelapa muda untuk bulu mata, sekarang kita akan membahas tentang minyak kelapa. Kamu bisa memanjangkan bulu mata secara alami dengan minyak kelapa. 

Virgin Coconut Oil (VCO) dapat membantu proses pertumbuhan rambut dengan lebih cepat, sehingga bulu mata dapat tumbuh lebat tanpa harus melakukan eyelash extension. Caranya sama dengan yang lain, yaitu mengoleskannya sebelum tidur dan basuh keesokan harinya.

Baca juga: 5 Manfaat Campur Kopi dengan Minyak Kelapa yang Baik untuk Tubuh 

9.

Minyak almond

Ilustrasi bulu mata lebat

Minyak almond | id.pinterest.com

Magnesium yang terkandung di dalam minyak almond juga memiliki fungsi yang sama dengan minyak kelapa. Magnesium bisa menyuburkan bulu mata sekaligus menjaga kesehatan rambut.

Kamu hanya perlu mengoleskannya pada tiap helai bulu mata dengan perlahan. Sangat mengoleskannya, pastikan lakukan perlahan agar bulu mata nggak rontok. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

10.

Minyak jojoba

Ilustrasi bulu mata lebat

Minyak jojoba | id.pinterest.com

Manfaat dari minyak jojoba sangat baik untuk rambut termasuk bulu mata. Selain bisa menjaga kelembaban rambut, kandungan di dalamnya dapat membentuk lapisan lilin sepanjang batang rambut sehingga terlihat lebih tebal. 

Fungsi tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai cara menebalkan bulu mata. Caranya dengan mengoles sebelum tidur dan biarkan semalaman. Kamu bisa melakukannya dua kali seminggu agar hasilnya cepat terlihat.

.

11.

Daun Sirih

Ilustrasi bulu mata lebat

Daun Sirih | doktersehat.com

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah menggunakan daun sirih. Daun sirih memang sangat populer untuk menjaga kesehatan organ intim kewanitaan. Akan tetapi, daun yang satu ini juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Di samping itu, daun sirih juga efektif sebagai penumbuh bulu mata.

Cara menebalkan bulu mata dengan daun sirih adalah dengan menggunakan tangkai daun sirih yang dioleskan dengan lendir lidah buaya, lalu oleskan di akar bulu mata. Hanya dalam beberapa minggu saja, kamu akan mulai melihat bulu mata yang semakin tebal dan panjang.

12.

Minyak biji rami

Ilustrasi bulu mata lebat

Minyak biji rami | doktersehat.com

Minyak biji rami sendiri memiliki kandungan omega 3 dan asam lemak linoleat yang banyak. Kandungan tersebut memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut pada bulu mata.

Cara penggunaannya juga cukup praktis. Kamu hanya butuh mengoleskan minyak biji rami sebelum tidur dan biarkan minyak meresap selama semalam penuh. Bersihkan minyak tersebut di pagi hari. Gunakan secara teratur dan kamu akan menemukan perbedaannya.

13.

Tips Merawat Bulu Mata

Perawatan bulu mata yang tepat sebenarnya bisa memperbaiki kesehatan bulu mata dan membuat bulu mata semakin panjang, tebal dan tumbuh tahan lama. Untuk merawatnya pun sebenarnya gampang-gampang susah.

Di bawah ini merupakan cara merawat bulu mata agar bulu mata dapat tumbuh dengan sehat dan lebat.

  • Bersihkan bulu mata kamu dengan sikat bulu mata yang lembut dan teratur.
  • Bersihkan wajah serta area mata dengan sabun lembut setiap hari.
  • Bersihkan riasan wajah kamu sebelum tidur.
  • Gunakan remover (penghilang/penghapus) make up yang lembut dan nggak memiliki kandungan alkohol (untuk wajah yang sensitif), pastikan juga kamu melakukannya dengan hati-hati dan nggak menggosok area pada bulu mata yang mengakibatkan bulu mata rontok.
  • Berhati-hatilah ketika menggunakan penjepit bulu mata, jangan mengenai kelopak mata.
  • Jika ingin menghilangkan gumpalan maskara, lakukan saat maskara masih basah dan mudah disisir.
Artikel Lainnya

[ad_2]

sumber berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *