13 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Alami

  • Bagikan

[ad_1]

Buat kamu yang rutin melakukan perawatan kecantikan tentu nggak asing dengan air mawar. Berbagai manfaat air mawar memang bisa dirasakan untuk wajah, kulit, rambut, hingga bibir.

Air mawar merupakan air yang dibuat merebus atau menyaring uap kelopak bunga mawar. Air ini mengandung sekitar 10-50 persen minyak mawar dan memiliki kandungan minyak yang sangat rendah.

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Air mawar biasa digunakan untuk kecantikan, kuliner, hingga pengobatan. Berikut manfaat air mawar untuk wajah, bibir, rambut, dan kecantikan wajah yang patut kamu ketahui.

1.

Menyegarkan Kulit

manfaat air mawar

Menyegarkan Kulit | www.sehatq.com

Manfaat air mawar pertama untuk menjaga keseimbangan pH kulit sekaligus menyegarkan kulit setelah kamu seharian beraktivitas. Air mawar mengandung astringent yang mampu menyerap minyak berlebih, menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Kamu juga bisa mengandalkan air mawar sebagai face mist dengan memindahkan air mawar ke botol spray lalu mengoleskannya ke wajah untuk memberikan kesegaran.

Air mawar biasanya aman untuk kulit wajah sehingga kamu nggak perlu khawatir dengan keamanannya. Tapi jika memiliki kulit sensitif atau alergi dengan air mawar, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk menggunakannya.

2.

Sebagai Pembersih Riasan Wajah

manfaat air mawar

Sebagai Pembersih Riasan Wajah | www.sehatq.com

Air mawar efektif untuk membersihkan riasan wajah tanpa menyebabkan iritasi. Pasalnya, air mawar mengandung antioksidan yang mampu mencegah kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan polusi. Caranya, cukup tuangkan air mawar secukupnya pada kapas dan bersihkan riasan wajah secara lembut. Tertarik mencoba manfaat air mawar untuk wajah ini?

Baca juga: 20 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan.

3.

Membuat Kulit Lebih Kenyal, Halus dan Elastis

manfaat air mawar

Membuat Kulit Lebih Kenyal, Halus dan Elastis | www.gojek.com

Air mawar kaya akan antioksidan dan kandungan vitamin C yang membantu produksi kolagen dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Kolagen berfungsi untuk mengencangkan, menghaluskan, dan membuat kulit terasa lebih kenyal.

4.

Menghilangkan Jerawat

manfaat air mawar

Menghilangkan Jerawat | review.bukalapak.com

Manfaat air mawar untuk wajah selanjutnya adalah mampu menghilangkan jerawat. Kamu yang memiliki wajah rentan berjerawat tentu merasa risih karena mengganggu penampilan. Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya dengan menggunakan air mawar sebagai toner.

Selain itu terdapat pula sifat anti inflamasi dalam air ini untuk mengobati peradangan dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat serta menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Untuk merasakan keampuhannya, kamu bisa menggunakannya secara rutin.

Baca juga: Mitos dan Manfaat Bunga Kantil yang Belum Diketahui Khalayak Ramai.

5.

Melawan Penuaan Dini

manfaat air mawar

Melawan Penuaan Dini | www.klikdokter.com

Salah satu masalah kulit yang menjadi momok menakutkan bagi wanita adalah penuaan dini. Kondisi kulit yang mengalami penuaan pasti dialami oleh semua orang seiring berjalannya usia.

Selain itu, terdapat berbagai faktor lain seperti paparan sinar matahari, stres, polusi, dan gaya hidup yang tidak sehat berkontribusi terhadap munculnya penuaan dini.

Air mawar kerap digunakan dalam produk kecantikan untuk mengurangi keriput. Sifat anti-aging dan antioksidan-nya efektif mengurangi risiko penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

6.

Menyembuhkan Luka Lebih Cepat dan Mengurangi Kulit Kemerahan

manfaat air mawar

Menyembuhkan Luka Lebih Cepat | mediaindonesia.com

Manfaat air mawar yang segudang memang bisa diandalkan untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan mengurangi kulit kemerahan.

Air mawar memiliki sifat antiseptik yang mampu menyembuhkan luka lebih cepat. Terdapat pula sifat anti-inflamasi yang efektif mengurangi kemerahan pada kulit.

Baca juga: Manfaat Ketumbar Sebagai Obat Terbaik untuk Berbagai Masalah Kesehatan.

7.

Melembutkan Rambut

manfaat air mawar

Melembutkan Rambut | www.soco.id

Manfaat air mawar tidak hanya baik untuk wajah dan kulit, melainkan juga untuk rambut. Air mawar mampu memberi kelembutan pada rambut.

Kamu bisa menggunakan beberapa tetes air mawar ke dalam sampo untuk menambah kelembapan rambut. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa memilih produk perawatan rambut yang telah mengandung air mawar. Tertarik mencoba manfaat air mawar untuk rambut ini?

8.

Memelihara Rambut

manfaat air mawar

Memelihara Rambut | seruni.id

Manfaat air mawar untuk rambut lainnya adalah untuk memperbaiki rambut kering dan kusam, infeksi kulit kepala, dan ketombe. Air mawar memiliki kemampuan melembabkan dan menutrisi yang mampu meningkatkan kualitas rambut serta membuatnya mengkilap.

Segudang manfaat air mawar untuk rambut lainnya sebagai pelembap alami, mempercepat pertumbuhan rambut, mengatasi peradangan pada kulit kepala serta menyingkirkan ketombe.

Untuk membuat rambutmu berkilau dan melembapkannya, kamu bisa menggunakan 1 cangkir air mawar sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

Sementara untuk mengatasi infeksi kulit kepala ringan, kamu bisa mencampurkan air mawar dan gliserin dalam jumlah sama. Selanjutnya celupkan bola kapas lalu oleskan ke kulit kepala, dan pijat-pijatlah kulit kepala selama 10 menit. Kamu bisa mendiamkan sampai 30 menit, lalu cuci rambut dengan sampo. Lakukan perawatan ini 1 – 2 kali seminggu sampai masalahnya membaik.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh dan Penampilan.

9.

Memerahkan dan Mencerahkan Bibir

manfaat air mawar

Memerahkan dan Mencerahkan Bibir | www.sukahise.com

Manfaat air mawar juga bisa dirasakan untuk memerahkan dan mencerahkan bibir secara alami. Kandungan beberapa vitamin seperti vitamin A, C dan E, efektif untuk membuat bibir lebih cerah dan merah natural dari pada sebelumnya.

10.

Melembabkan Bibir

manfaat air mawar

Melembabkan Bibir | simomot.com

Punya masalah dengan bibir pecah-pecah? Kamu bisa mempertimbangkan air mawar untuk mengatasinya.

Air berkhasiat ini mampu menjaga kelembaban bibir itu sehingga terhindar dari masalah bibir kering dan pecah-pecah. Nutrisi yang dimiliki air mawa mampu menjaga kelembapan bibir secara alami dalam waktu yang cukup lama. Tertarik mencoba manfaat air mawar untuk bibir ini?

Baca juga: Mencegah Diabetes dan Menambah Kesuburan, Inilah Manfaat Kelapa Bakar Lainnya.

11.

Mengatasi Peradangan pada Bibir

manfaat air mawar

Peradangan pada bibir | www.klikdokter.com

Manfaat air mawar untuk bibir lainnya untuk mengatasi peradangan akibat bibir yang kering dan pecah-pecah.

Air mawar mengandung antiseptik alami yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit termasuk kulit bibir.

12.

Menyegarkan Mata Lelah

manfaat air mawar

Menyegarkan Mata Lelah | otc-fahrenheit.co.id

Air mawar memiliki efek relaksasi yang membuat penggunanya bisa merasa lebih santai terlebh setelah melakukan aktivitas seharian. Salah satunya menenangkan dan menyegarkan mata yang lelah, mengurangi kantung di bawah mata, dan mengurangi risiko mata kering berkat kandungan vitamin A.

Kamu bisa mencelupkan bola kapas ke dalam air mawar murni dan oleskan ke atas kelopak mata yang tertutup. Biarkan sampai 10 menit dan ulangi 2 – 3 kali dalam sehari.

13.

Memperbaiki Suasana Hati

manfaat air mawar

Memperbaiki Suasana Hati | hellosehat.com

Seperti disinggung di atas, aroma air mawar mampu menenangkan dan meningkatkan mood. Kerennya lagi, air mawar memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan. Menurut sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan di Journal of Basic Medical Science, ekstrak kelopak mawar dapat merelaksasi sistem saraf pusat.

Jika pikiran sedang kalut dan mengalami kecemasan, kamu bisa menggunakan air mawar sebagai terapi supaya lebih rileks. Caranya, semprotkan air mawar secukupnya ke ruangan di mana kamu berada. Aroma air mawar akan memperbaiki suasana hati kamu.

Cara lain yang bisa dicoba, dengan menaruh sedikit air mawar ke sapu tangan lalu hiruplah aroma darinya.

Artikel Lainnya

[ad_2]

sumber berita

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.