11 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami, Efektif, dan Ampuh

  • Bagikan

[ad_1]

Cara menghilangkan ketombe

Cuka Apel | www.unsplash.com

1. Cuka Apel

Obat ketombe alami paling ampuh untuk menghilangkan ketombe adalah dengan cuka apel. Kandungan di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan jamur dan menjaga keseimbangan pH di kulit kepala.

Kamu bisa mencampurkan beberapa sendok makan cuka apel ke dalam sampo atau mencampurkannya dengan essential oil sebagai hair mist. Keduanya sama ampuhnya untuk mengatasi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe

Tea Tree Oil | www.unsplash.com

2. Tea Tree Oil

Selama ini, tea tree oil hanya dikenal sebagai pembasmi jerawat. Padahal, masih banyak khasiat lainnya seperti menghentikan pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Kamu bisa melakukan treatment ini di rumah sambil bersantai.

Caranya dengan mengoleskan tea tree oil ke kulit kepala dengan kapas dan pijat perlahan sampai meresap. Setelah itu, bilas dengan sampo ketombe dan air bersih seperti biasa.

Cara menghilangkan ketombe

Lidah buaya | www.unsplash.com

3. Gel Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sepertinya memang punya seribu manfaat. Nggak hanya untuk wajah, gel lidah buaya juga ampuh mengatasi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lidah buaya sangat mudah caranya. Kamu tinggal membelah satu potong lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan gel tersebut ke kulit kepala sambil dipijat selama 45 menit. Setelah itu, bilas dengan keramas seperti biasa.

Baca Juga: Pertolongan Pertama untuk Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Cara menghilangkan ketombe

Aspirin | www.unsplash.com

4. Obat Aspirin

Kalau kamu punya aspirin di rumah, bisa juga digunakan sebagai obat ketombe. Kandungan asam salisilat-nya bisa mengatasi gangguan di kulit kepala.

Tinggal hancurkan dua tablet aspirin hingga menjadi serbuk. Campurkan dengan sampo dan gunakan untuk keramas.

Cara menghilangkan ketombe

Minyak kelapa | www.unsplash.com

5. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa sangat mudah di lakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan mangkok kecil berisi virgin coconut oil sebanyak 2-3 sendok makan.

Setelah itu, tinggal dibalurkan ke seluruh kulit kepala sambil dipijat perlahan selama 5 menit. Tutup kepalamu dengan shower cap dan biarkan semalaman sebelum dikeramas keesokan harinya. Cara hilangkan ketombe ini terbilang ampuh!

Cara menghilangkan ketombe

Daun Sirsak | www.unsplash.com

6. Daun Sirsak

Salah satu cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan daun sirsak. Senyawa aktif di dalamnya bisa membuang racun dan menghambat perkembangan bakteri.

Kamu hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun sirsak dan digunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Cara menghilangkan ketombe

Jeruk nipis | www.unsplash.com

7. Jeruk Nipis

Ramuan yang sudah dikenal sejak dulu ini memang bisa mengatasi ketombe hingga akarnya. Kamu cukup memeras satu buah jeruk nipis dan ambil airnya. Oleskan air jeruk nipis ini ke kulit kepala selama 10 menit dan keramas seperti biasa.

Rasanya mungkin memang agak perih dan gatal di bagian kulit kepala. Setelah beberapa kali pemakaian, rasa gatalnya akan berkurang dan ketombe jadi hilang.

Cara menghilangkan ketombe

Minyak kemiri | www.unsplash.com

8. Minyak Kemiri

Kamu bisa menghilangkan ketombe membandel dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak ini bisa mengatasi ketombe tanpa merusaknya.

Caranya sesederhana dengan mengoleskan minyak kemiri sebelum keramas. Tunggu 30 menit, lalu lanjutkan dengan aktivitas keramas seperti biasa.

Baca Juga: Trik Mudah Hilangkan Ketombe dengan Cara Alami Ini!

Cara menghilangkan ketombe

Minyak zaitun | www.unsplash.com

9. Minyak Zaitun

Bahan alami lainnya yang dapat menjadi obat ketombe adalah minyak zaitun. Perawatan ini cukup cepat dan ampuh mengatasi ketombe.

Metodenya bisa dibilang sangat gampang. Caranya hanya dengan mengoleskan ke kulit kepala seperti biasa. Setelah itu, lanjutkan dengan keramas.

Cara menghilangkan ketombe

Baking soda | www.unsplash.com

10. Baking Soda

Baking soda bisa jadi eksfoliator yang mild sehingga bisa mengangkat sel kulit mati di kepala tanpa bikin iritasi.

Caranya adalah dengan mencairkan baking soda dan air hingga bertekstur agak cair. Oleskan di kulit kepala saat rambut dalam keadaan basah. Pijat perlahan selama 10 menit dan lanjutkan dengan memakai sampo.

Cara menghilangkan ketombe

Stres | www.unsplash.com

11. Olahraga

Bagi beberapa orang, stres bisa jadi faktor utama pemicu munculnya ketombe. Produksi minyak berlebih di kulit kepala karena beban pikiran bisa membuatnya lembap.

Keadaan ini yang disukai bakteri untuk berkembang biak. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, yoga, atau menggunakan aromatherapy untuk mengurangi kadar stres tersebut. Dengan begitu, bakteri nggak jadi berkembang dan ketombe batal menghiasi kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe

Penyebab ketombe | www.byrdie.com

Penyebab Ketombe untuk Pilihan Treatment yang Tepat

Menurut Dr. David Kingsley yang sudah meneliti permasalahan rambut dan kulit kepala selama 35 tahun, penyebab ketombe biasanya terbagi dalam tiga jenis yakni Pityriasis simplex, seborrhoic dermatitis dan psoriasis.

Namun tidak hanya itu, penyebab ketombe juga bisa merupakan sesuatu yang bersifat banal dan sangat mudah untuk dihindari seperti jarang mencuci rambut, udara yang dingin dan kering, atau bahkan makanan yang kita makan.

Karena itu, ada baiknya jika kita tidak hanya melakukan perawatan anti ketombe seperti menggunakan shampo anti ketombe dan masker rambut alami, namun juga memperhatikan kebiasaan kita.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Berketombe. Mujarab Banget!

Cara menghilangkan ketombe

Kebiasaan buruk penyebab ketombe | swirled.com

1. Jarang Keramas

Ketombe terjadi saat sel kulit mati menumpuk di kepala. Kondisi ini bisa disebabkan karena pertumbuhan sel kulit mati yang terlalu cepat atau peluruhan sel kulit mati yang terlambat. Nah, keramas adalah salah satu proses meluruhkan sel kulit mati, sehingga jika kita jarang keramas, akan terjadi penumpukan sel kulit mati yang mengakibatkan ketombe.

2. Tidur dengan Rambut Basah

Keramas di malam hari dan langsung tidur memang nyaman, tubuh terasa rileks sehabis keramas dan kita tidak perlu merisaukan rambut yang basah. Tapi ternyata tidur dengan rambut basah berpotensi menumbuhkan bakteri dan jamur di kulit kepala yang kemudian menyebabkan ketombe. Jadi, selalu keringkan rambut sebelum tidur ya.

3. Menggunakan Banyak Bahan Kimia di Rambut

Siapa sangka bahwa produk styling rambut yang kita kenakan bisa jadi penyebab ketombe? Nyatanya, produk styling tersebut kerap terlalu sukar untuk dibersihkan sehingga meninggalkan residu yang menumpuk di kulit kepala. Residu itulah yang kemudian menjadi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe

Shampo anti ketombe | www.allthingshair.com

Cara menghilangkan ketombe non alami, tapi lebih praktis!

menggunakan masker rambut alami mungkin memang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Sayangnya, cara ini biasanya lebih memakan waktu dan membutuhkan upaya ekstra. Mulai dari menyiapkan bahannya hingga membilasnya pun sulit. Karena itu, cobain deh beberapa cara menghilangkan ketombe non-alami tapi ampuh ini.

13. Menggunakan shampo anti ketombe dengan bahan aktif tertentu

Tentu saja cara paling mudah menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe yang memang sudah diformulasikan khusus. Berikut beberapa kandungan bahan aktif dalam shampo yang ampuh hilangkan ketombe. Atau bisa dikatakan, bahan aktif ini adalah obat ketombe.

Zinc Pyrithione

Mayoritas shampo anti ketombe yang dijual di pasaran mengandung zinc pyrithione yang bisa mengurangi ketombe sekaligus meredakan rasa gatal. Efek ini didapat karena zinc pyrithione memiliki sifat antifungal dan antibakteri. Tapi bahan aktif ini hanya ampuh mengatasi ketombe akibat jamur atau seborrheic dermatitis.

Selenium Sulfide

Selenium sulfide adalah bahan aktif yang juga terdapat dalam shampo anti ketombe tertentu. Zat ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kulit mati dan mengurangi malassezia. Sayangnya, shampo ini cukup keras dan dapat mengubah warna rambut yang sudah dicat, sehingga kita harus menggunakannya secara hati-hati dan mengikuti anjuran penggunaan.

Coal Tar

Sama seperti selenium sulfide, coal tar juga merupakan obat ketombe yang mampu memperlambat pertumbuhan sel kulit mati. Namun Coal Tar dipercaya dapat menyembuhkan tidak hanya ketombe namun juga kondisi sebhorreic dermatitis dan psoriasis. Sama halnya pula dengan selenium sulfide, coal tar juga akan mengubah warna rambut yang cenderung pirang, sehingga penggunanya harus hati-hati.

Salicylic Acid

Salicylic acid pada shampo anti ketombe bekerja dengan cara meng-‘scrub‘ kulit kepala. Kandungan salicylic acid atau BHA ini dapat meluruhkan sel kulit mati sehingga kulit kepala terbebas dari ketombe. Sayangnya salicylic acid ini bersifat mengeringkan sehingga kita harus mendampinginya dengan conditioner atau agen pelembap rambut serta kulit kepala lainnya.

Artikel Lainnya

[ad_2]

sumber berita

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.